Friday, August 17, 2012

Suntik 2 kali, minum 2 tetes (12-3-2009)

Setelah kurang lebih 2 minggu nyari2 vaksin DPT (doank, yang biasa, make panas, dan ga combo ama vaksin laen) akhirnya gw menyerah. Sepertinya emang vaksinnya hanya ada di RS2 besar, yang biasanya dokternya susah diajak kompromi (fiuhhhh). Karena susah buat ke Bogor bawa2 Awan yang baru mo 3 bulan umurnya, akhirnya gw tetepin untuk nanya ke RS Bunda Margonda (benernya gw ga rekomen rumkit ini kalo sakit, terutama buat anak. Karena ke sana 2 kali, 2-2nya dapet dokter yang ga rasional dan ga bisa diajak diskusi). Telpon punya telpon emang ada vaksin DPTnya. Sekalian gw tanya vaksin HIB, karena menurut jadwal untuk umur 2 bulan ini Awan perlu diimunisasi DPT, HIB dan Polio. Eh ada juga vaksin HIBnya. Langsung aja daftar untuk Selasa malem, dokter bebas.

Selasa malem, ternyata ujan gede. Trus Ican usul gimana kalo Kamis aja sekalian dia mo cuti. Gw setuju aja. Tapi karena 1 dan laen hal Kamis Ican ga jadi cuti, jadi di perjalanan pulang ktr kmaren gw blg ama Ican malem ini aja Awan diimunisasi. Setelah bermacet2 ria di tol (ada pohon tumbang di deket ranco), sampe juga gw di rumkit. Ican yg udah sampe rumah duluan gw minta bawa anak2 ke rumkit langsung. Bgitu sampe gw lsg daftar, trus duduk manis ngg dokter dateng.

Bgitu masuk ke ruang dokter, gw lupa mo ngapain (hihihi kadang2 gw punya masalah dengan ingatan, semacem short memory term gtu). Untung dokternya ramah, dia langsung bilang, 'mo imunisasi ya?'. Abis dokternya bilang gtu, ingatan gw balik deh. Gw blg iya, mo imunisasi DPT. Trus dokternya blg HIBnya udah blum, mo sekalian ga. ada vaksin yang combo (isinya 2, red) tuh. Gw blg iya sekalian, tp yang 2 kali suntik aja dok, dengan 2 vaksin. Eh, tanpa byk omong dokternya setuju... Horeee. Alhamdulillah, padahal gw udah ajak Ican buat disuru debat kl dokternya ga mau secara gw orangnya pendiem, ga bisa ngomong hehehe. Siap2in vaksinnya, disuntiklah Awan. eh pertama ditetesin dlu dink ama vaksin polio. Tes.. tes.. 2 tetes masuk. Abis itu siap2 disuntik. 1 di paha kanan, 1 di paha kiri (semua dilakukan dengan adanya suara Aya yang pengen liat semua prosesnya, bahagia dia ga ikutan disuntik :D). Sipp.. selesai lah imunisasinya.

Ternyata, sekitar jam 1/2 10 Awan mulai ga ngerasa nyaman ama badannya. Badannya menggigil, trus mulai panas. Gw coba gendong dan peluk tanpa gw kasih obat dlu. Tapi ternyata ga berhasil. Awan tetep menggigil, sambil mulutnya ga berenti2 merintih. Miris deh liatnya. Tapi gw bilang ke Awan 'ga nyaman bentar ya Nak, untuk sehat selamanya'. Trus sekitar jam 1/2 11 karena Awan ga berhasil2 tidur, gw kasih parasetamol (merk s***l) 0,6 mili sesuai dengan berat badan Awan yang 6 kilo. Ga lama, sekitar 1/2 jam dia bisa tidur. Sempet ngamuk bentar pas gw tidurin di kasur, tp abis itu dia mau nyusu dan tidur dengan nyenyak. Sehat terus ya, Awan...

No comments: