Friday, August 17, 2012

Imunisasi tifoid & hepatitis A (28-10-2008)

Di web sehat ada tools yang bisa dipake untuk nentuin imunisasi anak yang harus diberikan. Gw udah pernah masukin data Aya dan untuk umur 2 taun imunisasinya adalah tifoid dan hepatitis A. Jadi setelah ketunda kurang lebih 2 minggu, hari Sabtu kmaren Aya gw bawa ke klinik Sehat untuk imunisasi. Hehehe sengajalah kesana lagi, biar bisa imunisasi simultan.
Berangkat dari rumah jam 1/2 4 kurang biar bisa sampe klinik jam 4, jadi ga terlalu ngantri. benernya sih pasien di klinik ini ga bgitu banyak, tp kl masuk ke ruang dokter itu bisa lamaaaaa bgt. tp, tyt jalanan macet total. di bis itu, dari yang Aya riang gembira, maen ama anak kecil yahg duduk di blakang, sampe akhirnya dia bosen n jalan2 di bis (kebetulan bisnya ga penuh) blum nyampe jg. Kita baru nyampe di klinik jam 1/2 6. fiuhhhh.. terpaksa antri deh... Setelah sempet bli martabak buat makan, nyuapin Aya, sholat magrib dll, akhirnya jam 7 giliran Aya dipanggil ke ruang dokter. Kali ini yang ada dr Apin (hehehe kl dr Ian lagi bisa2 Aya ud nangis duluan tuh). Masuk ke ruang dokter sambil dorong2 kursi dengan gembiranya. Blum nangis. Masih mau maen boneka yang ada di ruang preksa pula. Sampe akhirnya, dr Apin ngambil alat buat ngeliat kuping gtu. Sebelum dipakein ke Aya udah dicobain ke boneka tikus yang ada di situ sambil diliatin ke Aya, maksutna sih biar Aya mau dipreksa juga make itu. Tetapi oh tetapi.. blum jg alat itu nyampe di kupingnya, Aya ud nangis jerit2 hahahaha. Jadi dipaksalah preksanya, kt dr. Apin 'udah terlanjur nangis ini'. Kebayang kan? blum juga disuntik ud nangis kejer bgitu. Masuk proses mo nyuntik lebih ribet lagi. Aya sama sekali ga mo berbaring di tempat tidur. Dia meluk bapanya terus. Kenceng bgt lagi megangnya. Akhirnya dipilih buat nyuntik sambil Aya digendong bapanya. Jusss.. suntikan pertama masuk. Aya lsg bilang 'atis, atis, bapa'. Duhhh kesian bgt liatnya. Ehhh bgitu mo suntikan kedua, Aya nengok ke pahanya trus ngeliat ke dr Apin. tambah kejer aja nangisnya, Dr Apin sampe blg 'duhhh ngeliat lagi pas gw nyuntik'. 
Beres disuntik ke-2, Aya dibawa keluar ama Ican. Trus dikasih dotnya. Gw masi di dalem. Dijelasin ttg BB dan TB dan percentilnya, trus tanya2 ttg alergi yg sempet keluar bbrp hari sebelumnya, batuk pilek dsb deh. Kl gw blg sih ga bgitu lama deh di ruang preksa itu, secara gw jg ga byk nanya. Hehehe ud cukup pede dgn ilmu yang didapet dari milis.
Di perjalanan pulang (yg hanya sekitar 30 menit), Aya tertidur.
Ternyata sampe rumah, Aya rungsing bgt. Kynya sih bener2 trauma ama yg namanya dokter n suntik. hal ini berlangsung juga sepanjang hr Minggu. maunya digendong mlulu.. Ama gw tentunya. Ga mo ama bibi asisten. dan Ican pagi2 buta jg ud menghilang utk pegi ke arisan di Purwakarta. Ampe2 utk ke kamar mandi pun Aya gw gendong :). ya gmn, emang maunya gtu. Mayan deh, gendong2 Aya sepanjang hari. Kadang2 cuman dipangku, tp kadang2 juga Aya lupa ama bekas suntikannya trus maen, lari2 ato loncat2. Tapi kl inget lagi, ya minta gendong lagi. Pokonya tergantung moodnya deh. O ya, plester bekas suntikan jg ga bole dicabut. 2-2nya. Hihihi gaya dia. malahan kl make celana panjang ama dia ditarik ampe ke paha biar plesternya kliatan.

No comments: