Friday, August 17, 2012

Indikasi USG (27-5-2008)


Di milis lagi seru ngebahas soal USG. Perlu ato ga USG setiap pemeriksaan? Perlu ato ga USG 3D, 4D, 5D eh sampe 4D doank denk, ato hanya perlu USG biasa yang 2D? Ada satu jawaban dari satu dokter yang pengen gw posting di sini. Nambah ilmu sekalian share ama semuanya (hehehe dan kayanya sih bisa lsg gw praktekin... ).
Dear RMA,
Itulah pentingnya kontrol teratur saat hamil (Ante Natal Care). Kontrol ini bukan berarti periksa USG loh.
Konsultasi untuk mengeksplorasi resiko-resiko yang ada pada ibu (usia, jumlah anak, riwayat kehamilan sebelumnya, riwayat persalinan sebelumnya, kebiasaan seperti merokok, minum alkohol, penyakit pada ibu, status imunisasi ibu, dll)  pada bayi (riwayat persalinan sebelumnya, riwayat keguguran pada ibu, riwayat kecacatan pada anak sebelumnya, dll).
Ada resiko-resiko yang bisa diperkirakan cukup dengan wawancara dan pemeriksaan fisik. Ada juga yang perlu pemeriksaan lebih lanjut, seperti pemeriksaan gula darah ibu.

*APA SAJA YANG DAPAT DI PERIKSA DENGAN USG?*
*Konfirmasi kehamilan.* Embrio dalam kantung kehamilan dapat dilihat pada awal kehamilan 51/2 minggu dan detak jantung janin biasanya terobsevasi jelas dalam usia 7 minggu.
*Mengetahui usia kehamilan.* Untuk mengetahui usia kehamilan dapat dengan mengunakan ukuran tubuh fetus—sehingga dapat memperkirakan kapan tanggal persalinan
*Menilai pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.*
 *Ancaman keguguran.* Jika terjadi pendarahan vagina awal, USG dapat menilai kesehatan dari fetus. Jika detak jantung janin jelas maka prospek yang baik untuk melanjutkan kehamilan.
*Masalah dengan plasenta.* USG dapat menilai kondisi plaasenta dan menilai adanya masalah2 seperti plasenta previa dsb.
*Kehamilan ganda/ kembar.* USG dapat memastikan apakah ada 1 / lebih fetus di rahim.
*Mengukur cairan ketuban.* Masalah terjadi ketika kandungan berlebihana caira ketuban atau terlalu sedikit. Volume ( jumlah cairan) dapat dinilai/cek dengan USG.
*Kelainan letak janin.* Bukan saja kelainan letak janin dalam rahim tapi juga banyak kelainan janin yang dapat di ketahui dengan USG, seperti: hidrosefalus, anesefali, sumbing, kelainan jantung, kelainan kromoson (syndrome down), dll.
Dapat juga untuk menilai *jenis kelamin bayi* jika anda ingin mengetahuinya.
*KAPANKAH WAKTU BIASANYA USG DILAKUKAN?*
Umumnya *USG pertama *dilakukan pada kehamilan *minggu ke 7* untuk memastikan kehamilan, menilai detak jantung janin, mengukur panjang janin untuk menilai usia kehamilan.
*USG ke dua *biasanya dilakukan pada *kehamilan 18-22 minggu* untuk menilai kelainan congenital, kelainan bentuk, posisi plasenta, detak jantung janin, juga untuk menilai perkembangan janin. Pada pemeriksaan di minggu ini anda mungkin dapat juga mengetahui jenis kelamin bayi anda.
*USG yang ketiga *biasanya dilakukan pada kehamilan *minggu ke 34* unutk mengevaluasi ukuran fetus dan menilai pertumbuhan fetus, pergerakan dan pernafasaan, detak jantung bayi juga jumlah air ketuban di sekeliling bayi serta posisi bayi dan plasenta..
Demikian, semoga membantu.
regards,
Yoga

Jadi sebenernya ga perlu USG tiap kali dateng. Tapi ntah kebiasaan ato apa, byk dokter yang melakukan USG setiap memeriksa pasien. Waktu gw hamil Aya dulu, gw baru di USG waktu usia kehamilan 7 bulan. Itu jg karena gw pindah tempat preksa (walo masih dengan dokter yang sama), soalnya di tempat preksa lama, alat USG ada di ruang tersendiri dan bukan di ruang praktek dokter. Abis pindah itu, ya udah tiap dateng selalu di USG deh...
Moga2 sekarang bisa dipraktekin deh. Biar semuanya jadi rasional...

No comments: