Monday, June 11, 2007

Diare + demam

Jumat malem, pas lagi ngerangkak2 gitu, tiba2 Aya buang aer besar (hihihi make bahasa resmi) tp cair gitu. Waduh diare nih... pikir gw. Tapi itu baru sekali. Siangnya sih biasanya aja. Jadi gw ga terlalu panik. Ternyata pagi2 buta sekitar jam 1/2 4, bgitu lagi. Mana make demam pula. Gw lsg sms Ican (hari itu gw lagi ngungsi ke rmh nyokap pasca pulang kampungnya my happy helper n ditambah rusaknya pompa di rumah). Ican lsg nlp, dia blg baca2 lagi panduannya trus jangan panik ya. Bgitu Aya bobo lagi, gw lsg browsing2 buat nyari guidelinenya (duh ga konsisten nih, tadi panduan skr guideline :D). Ktemu. Intinya anak jgn sampe dehidrasi.

Jadi hr Sabtu pagi, pas bangun Aya lsg gw kasih aer putih (biasanya gitu juga sih tp porsinya dibanyakin). Trus gw kasih susu. Ternyata susu bikin Aya eneg, jadi dimuntahin ama dia. So kesimpulan sementara jgn kasih susu dlu. Nyokap udah panik aja. Ayo bawa ke dokter, kasih obat demam obat perut dll dsb dsb. Gw blg gw ga mo ke dokter, Aya mo gw bawa pijet aja ke Eyang Tardi (tukang pijet andalan di Bogor). Nyokap setuju, tp pas demam Aya ga ilang2, masih nyuruh2 gw ke dokter. Akhirnya abis nganter nyokap n bokap ke gedung, gw bawa aja pijet. Hihihi seperti biasa bgitu liat Eyang Tardi Aya langsung nangis goak-goak kaya mo diapain gitu. Apalagi pas dipijet. 'Uuuuu', gitu katanya sambil berleleran aer mata. Tp Eyang tetep bertahan. Dipijet terus. Bagian perut lebih lama dari bagian laen.

Beres dipijet, dalam perjalanan pulang Aya bobo. Agak enakan mungkin badannya walopun dia masih demam. Sampe rumah, bgitu bangun langsung gw kasih makan. Alhamdulillah ga dimuntahin lagi. Makannya udah lahap. Trus hari itu Aya ga bermaen2. Kerjaannya cuman makan n tidur. Dan ga lupa gw banyakin minum aer ama aer gula (baca di guideline tea loh). Aya sih masih kaya anak sehat. Dia ga mo lama2 digendong. Maunya ngerangkak2 mlulu. Jadi gw agak tenang. Yang penting Aya ga lemes.

Sampe tadi malem Aya masih demam. Tapi pas gw berangkat pagi tadi demamnya udah ilang. Dan 2 kali gw telpon si bibi di rumah Aya udah ga demam katanya. Dan gw suru Aya banyakin istirahat. Jangan maen2 dlu ampe sembuh beneran. Doain ya biar Aya cepet sembuh.

No comments: